PERGURUAN TINGGI ISLAM YANG BERBASIS KEWIRAUSAHAAN



BIMBINGAN TEKNIK PENYUSUNAN KPT BERDASARKAN KKNI

Bandungan, 14-15 November 2017

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan dalam kegiatan Bimtek ini yaitu untuk memberikan pengetahuan penyusunan kurikulum perguruan tinggi (KPT) yang disesuaikan dengan KKNI dan SNPT yang meliputi penyusunan profil, capaian pembelajaran, bahan kajian, materi, mata kuliah, bobot sks, dan sebaran mata kuliah, dan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) kepada seluruh Dekan, Kaprodi dan dosen di lingkungan UNDARIS.

Target

Target dalam kegiatan ini yaitu tersusunnya dokumen kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan KKNI dan SNPT yang meliputi penyusunan profil, capaian pembelajaran, bahan kajian, materi, mata kuliah, bobot sks, dan sebaran mata kuliah, dan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) di semua program studi di UNDARIS.

Peserta

Kegiatan ini diikuti oleh Yayasan UNDARIS, jajaran pimpinan, dan seluruh dosen di lingkungan UNDARIS.
Nara Sumber
Narasumber yaitu Bapak Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Pd. beliau adalah salah satu tim penyusun pengembang kurikulum perguruan tinggi Kemenristekdikti. Beliau juga salah satu staf pengajar di Pascasarjana dan FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Acara dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Undaris, yaitu Bapak Amir Mahmud, M.Pd.
Tempat dan Waktu
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 14-15 November 2017. Hari pertama diisi dengan paparan materi tentang penyusunan kurikulum perguruan tinggi sekaligus penugasan untuk menyusun kurikulum masing-masing prodi yang dipandu oleh Bapak Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Pd.
Hari kedua diisi dengan presentasi dokumen kurikulum yang telah disusun oleh setiap prodi.
Pelaksanaan kegiatan di Hotel Kediri, Bandungan kabupaten Semarang.
Panitia Pelaksana
Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Wakil Rektor Bidang Akademik, yiatu Ibu Dr. Ida Zahara Adibah, M.SI. Ketua panitia pelaksana kegiatan ini adalah Ibu Dra. Sri Widayati, SE., M.Si
 

HASIL KESEPAKATAN TANGGAL 15 NOVEMBER 2017

VISI UNDARIS
Visi UNDARIS adalah pada tahun 2024 menjadi universitas yang menghasilkan lulusan berdaya saing regional di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang berorientasi kewirausahaan dan  berkarakter Islam.
 
MISI UNDARIS
Misi dari Undaris adalah sebagai berikut:
a. Menyelengarakan proses pembelajaran di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang berorientasi pada  kewirausahaan dan berkarakter Islami.
b. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
c. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama saling menguntungkan dengan stakeholder baik dalam negeri maupun luar negeri.
d.    Menyelenggarakan tata kehidupan kampus yang Islami.
 
TUJUAN
a.   Tujuan dari  visi dan misi tersebut di atas adalah sebagai berikut: 
b.   Terciptanya sistem pembelajaran yang berorientasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang berorientasi pada  kewirausahaan dan berkarakter Islami.
c.   Terciptanya penelitian dan pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
d.   Terciptanya pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama saling menguntungkan dengan stakeholder baik dalam negeri maupun luar negeri.
e.     Terciptanya tata kehidupan kampus yang Islami.


Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia