MAHASISWA UNDARIS MENJADI JUARA KE-2 DALAM PEMILIHAN DUTA MAHASISWA GENRE (GENERASI BERENCANA) TINGKAT KARESIDENAN SEMARANG TAHUN 2015


Permasalahan remaja merupakan issue penting yang perlu mendapat perhatian bersama. Untuk mengatasi permasalahan remaja ini, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui berbagai program yang dilaksanakan lintas institusi. Dalam hal ini BKKBN sebagai salah satu instansi pemerintah merespon permasalahan remaja melalui irogram Generasi Berencana (GenRe). Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada remaja itu sendiri melalui pengembangan PIK Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) dan pendekatan kepada orang tua melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR). Disamping pendekatan pengembangan kelompok kegiatan, program GenRe juga disosialisasikan melalui berbagai media.
Dalam rangka meningkatkan promosi Program GenRe, khususnya pengembangan PIK Mahasiswa maka diperlukan figur motivator dari kalangan mahasiswa, sesuai dengan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. Figur motivator ini dapat disiapkan melalui Duta Mahasiswa. Dengan peran Duta Mahasiswa, sosialisasi Program GenRe di lingkungan kampus dirasa lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari oleh dan untuk mahasiswa sehingga menjadi ramah mahasiswa. Disamping itu, dengan adanya sosok duta dirasa memberi nilai lebih dalam melaksanakan sosialiasi program di masyarakat. Atas dasar hat tersebut, maka dilaksanakan pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Putra dan Putri tahun 2015.
Tujuan umum diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan sosialisasi dan promosi Program GenRe di kalangan remaja, mahasiswa dan kampus agar meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan dirinya. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengembangkan citra positif Program GenRe melalui figure Duta Mahasiswa GenRe, meningkatkan promosi Program GenRe melalui jaringan komunikasi antara Duta Mahasiswa GenRe dengan mahasiswa sebaya dan komunitas kampus serta untuk mengembangkan PIK Mahasiswa melalui pendekatan ramah mahasiswa dan juga untuk meningkatkan sosialisasi Program GenRe melalui senidan lagu.
UNDARIS sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Semarang ini sangat mendukung kegiatan positif ini. Dukungan ini diwujudkan dengan mengirimkan 2 mahasiswa UNDARIS yang bernama Satrio Wicaksono dan Avieka Ayu Prasetyani, dimana kedua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa semester 4 dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 Mei 2015 di Taman Rekreasi Tirto Arum Kendal. Dalam kegiatan ini, Satrio Wicaksono mampu meraih Juara Ke-2 tingkat Karesidenan Semarang dengan mengkampanyekan bertema: “Perlunya remaja memiliki life skills dalam menghadapi tantangan masa depan”.

“KITA REMAJA TUNAS BANGSA SEBAGAI TUMPUAN NEGARA KATAKAN TIDAK UNTUK NARKOBA SERTA PERGAULAN BEBAS UTAMAKANLAH SEMANGAT BELAJAR TUK MERAIH MASA DEPAN” “KITA REMAJA INDONESIA GENERASI BERENCANA KATAKAN TIDAK UNTUK NIKAH MUDA DI MASA YANG AKAN DATANG RENCANAKANLAH MASA DEPANMU BAHAGIA SEJAHTERA”

Penulis Berita




Harwidyo Eko Prasetyo, S.T., M.T