Mahasiswa UKM Pramuka UNDARIS mengikuti Kegiatan Latihan Gabungan (LATGAB) tingkat Perguruan Tinggi Se-Jawa Ke-10 di Kampus STAIN Kudus, Jawa Tengah


Kepramukaan sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak. Sesuai dengan tujuan akhir tersebut, maka salah satu kegiatan bagi Pramuka Pandega adalah Latihan Gabungn (LATGAB).
Tujuan diadakannya Latihan Gabungan ini adalah untuk memantapkan wawasan anggota pramuka dalam pengetahuan kepramukaan dan dalam kehidupan berorganisasi dan bermasyarakat, memupuk tanggung jawab kader antar anggota racana, menumbuhkan rasa peduli anggota racana terhadap kebudayaan yang telah ada, menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial dan peduli masyarakat pada diri anggota racana, serta untuk membangun sifat persaudaraan antar Racana Se-Jawa.
Untuk mendukung kegiatan tersebut di atas, UKM Pramuka UNDARIS mengirimkan delegasinya untuk mengikuti acara tersebut yang terdiri dari 2 orang mahasiswa (1 putra dan 1 putri) yang bernama: Muhammad Fauzani (Fakultas Peternakan) dan Nurul Sholikhati (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/FKIP). Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 11 Mei 2015 yang bertempat di Kampus STAIN Kudus, Bumi Perkemahan Wonosoco dan juga di tempat wisata Kudus. Adapun jenis kegiatannya antara lain:

1. Upacara Pembukaan
 


2. Senam Kebugaran



3. Api Unggun dan Malam Keakraban (Makrab)

 

4. Tanam Pohon

 

5. Materi DAMKAR (Pemadam Kebakaran)

Dalam materi Damkar, mahasiswa dilatih untuk selalu siaga dan selalu tanggap waspada jika terjadi kebakaran atau adanya percikan api. Dalam latgab materi dan praktikum damkar yang dipelajari seperti cara memadamkan api dengan karung goni dan . inti dari damkar adalah melatih mahasiswa untuk selalu berani meskipun itu sangat berbahaya sekali pun. Dan kegunaan utama pelatihan damkar untuk membantu atau menolong sesama.

6. Materi Jungle Rescue

Dalam jungle rescue yang diutamakan keberanian yang sangat kuat, kepedulian antara sesama, pantang menyerah ,selalu semangat dan fisik yang kuat, karena jungle rescue itu merupakan penyelamatan korban atau pun menyelamatkan sesamanya dan inti dari pelatihan jungle rescue yaitu tidak pernah takut dalam melakukan penyelamatan korban harus tetap semangat.



Diharapkan kegiatan Latihan Gabungan (LATGAB) ini akan diselenggarakan secara rutin baik itu setahun sekali maupun setahun dua kali. UNDARIS akan selalu mendukung segala kegiatan kemahasiswaan, salah satunya melalui UKM Pramuka dan diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan seperti ini akan menciptakan generasi muda mendatang yang gigih, berani, kuat, tangguh, bertanggungjawab dan pantang menyerah dalam menghadapi segala tantangan kehidupan. SALAM PRAMUKA!!




Harwidyo Eko Prasetyo, S.T., M.T